Pages

Thursday, 19 June 2014

Krisis Percaya Diri

Krisis percaya diri atau tidak percaya diri biasanya dikarenakan penilaian yang buruk terhadap diri sendiri. Hal ini biasanya diawali dengan adanya ejekan dari orang lain, atau cara pikir yang salah ketika melihat orang lain dari kita.

Sejujurnya aku pernah mengalami perasaan semacam ini. Merasa diri jelek dan bodoh. Jelek karena memang aku punya tubuh yang gemuk dan pendek, wajah bulat yang hidungnya pesek, alisnya tipis, lipatan mata pun gapunya. Juga bodoh karena nilai-nilai di sekolahku gak sebagus teman-temanku. Efeknya pun berdampak negative. Aku jadi mudah tersinggung, mudah menyerah, dan sulit bergaul.

Tapi seiring berjalannya waktu, aku pun menyadari satu hal. Aku sadar bahwa aku ini tidak seburuk apa yang kupikirkan, karena aku ini berharga dimata Tuhan.
Bukankah burung pipit dijual lima ekor dua duit? Sungguhpun demikian tidak seekorpun dari padanya yang dilupakan Allah, bahkan rambut kepalamupun terhitung semuanya. Karena itu jangan takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit. (Lukas 12:6-7)
Oleh karena engkau berharga dimataKu dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau. (Yesaya 43:4)
Jadi seburuk-buruknya penilaian kita terhadap diri kita sendiri, itu semua tidak akan merubah jati diri kita yang asli bahwa kita ini BERHARGA.
Dengan kesadaranku ini, akupun pelan-pelan mulai nyaman dengan diriku sendiri. Ketika ada yang mengejek aku bisa menanggapinya dengan santai, kegagalan yang aku terima aku jadikan pelajaran, aku pun jadi lebih mudah bergaul kepada orang-orang yang baru aku temui, dan tentu aja hidupku jadi lebih hepi.

Jadi buat kamu yang masi mengidap krisis percaya diri, lebih baik cepetan berobat ya. Krisis percaya diri ini cuma bisa membebani kamu untuk melangkah maju dan berkreasi tau.  


Kita sebagai makhluk yang berharga, kita harus berperilaku selayaknya makhluk yang berharga. Untuk mendapatkan perilaku makhluk yang berharga, itu semua harus diawali dengan pikiran yang sadar bahwa kita ini adalah makhluk yang berharga.


calamanis,



Penina Yuliana Kirana






2 comments:

  1. wah ternyata cici yuli sangat bijakk ya! ditunggu postnya yg lebih bijak,membangun dan bermanfaat! semangat!-SecretAdmirer❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha fix ini org yg dikenal. thankyou anon :) tp aku lebi banyak post soal review makeup nih hihi

      Delete