Makeup dan Efek Negatifnya

Makeup/tata rias adalah suatu kegiatan menata wajah dengan bantuan kosmetik. Selain membuat muka lebih cerah dan merona, dalam beberapa teknik tertentu makeup juga dapat membuat perubahan yang pesat pada wajah seakan wajah kita dioperasi. Contohnya adalah mata jadi lebih besar, pipi lebih tirus, hidung lebih mancung, dan masih banyak lagi. Hal inilah yang membuat perempuan begitu menyukai makeup. Para perempuan merasa cantik sehingga tampil lebih percaya diri ketika wajahnya bermakeup.

Namun sayangnya, dibalik hal positif pasti selalu ada hal negatif. Banyak perempuan yang oleh karena merasa lebih cantik setelah bertata rias, mereka jadi ketergantungan dengan pemakaiannya. Ketergantungan yang mau aku bahas di sini bukanlah mengenai ketergantungan dalam hal fisik, melainkan ketergantungan dalam masalah psikis. Maksudnya adalah, makeup mampu membuat perempuan merasa tidak nyaman dengan wajah mereka tanpa polesan kosmetik. Atau bahasa lainnya, perempuan jadi minder dengan wajahnya sendiri ketika melihatnya tanpa makeup. Bahkan, banyak perempuan yang tidak mau keluar rumah kalau belum bermakeup.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan bermakeup setiap harinya. Akupun suka merias-rias wajah dan blogku ini juga akan banyak membicarakan soal makeup, tapi sebelum kita banyak membahas soal makeup, aku cuma mau ingetin jangan sampai makeup membuat diri kita jadi orang lain. Gak mau kan kalau orang-orang jadi lupa atau bahkan gak tau muka asli kita karena kita selalu jadi ‘Boneka Barbie’?

Satu hal yang kita perlu tau juga, bahwa sebenarnya fungsi makeup bukan untuk membuat kita menjadi cantik. Tapi untuk menyempurnakan kecantikan kita.

Pada dasarnya perempuan diciptakan cantik kok. Perempuan juga punya caranya masing-masing untuk dapat lebih memancarkan kecantikannya itu. Namun sayangnya, perempuan seringkali dikutuki oleh pikiran negative yang berasal dari diri sendiri, ataupun sikap yang buruk sehingga membuat perempuan tampak tidak cantik. Contoh sikap buruknya adalah jorok, egois, keras kepala, sombong, dsb. (Pokoknya yang membuat orang lain tidak nyaman bahkan enggan menatap wajah kita)

Ohya, aku tulis blog ini bukan karena aku merasa diriku cantik loh ya (karena aku juga perempuan). Aku cuma mau menshare-kan opiniku mengenai kita perempuan, harus belajar menyukai diri kita sendiri apa adanya, dan belajar berpikir serta bertingkah positif. Aku juga gak perfect, malah terkadang aku masi suka iri sama orang lain yang menurutku cantik. Tapi gimana pun juga aku gak mau menghujat diriku sendiri, karena segala bentuk fisikku sekarang ini adalah pemberian Tuhan yang juga merupakan gambaranNya.

“Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia;….” –Kej 1 : 27

calamanis,



Penina Yuliana Kirana

Comments

Popular Posts